Sabtu, 09 Juli 2011

Contoh Proposal TA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Rumah sakit Bhayangkara Dumai merupakan salah satu badan usaha milik pemerintah yang bergerak dalam bidang jasa kesehatan. Instansi ini didirikan khusus untuk golongan tertentu saja atau dengan kata lain memihak terhadap suatu kelompok atau golongan, tetapi juga menerima untuk umum yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkannya. Dengan lahirnya teknologi komputer di negara kita, rumah sakit dituntut memberikan berbagai pelayanan yang cepat baik pelayanan medis maupun dalam pemberian informasi bagi pihak yang membutuhkan, maka tidak heran jika rumah sakit mengalami banyak masalah dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari.
Begitu juga dengan Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, dimana sistem yang berjalan belum seluruhnya menggunakan sistem komputerisasi, sehingga memperlambat dalam memberikan informasi tentang pasien (Ibu dan Ayah), dokter yang melakukan persalinan, jumlah bayi yang lahir setiap periode, tindakan yang dilakukan bahkan biaya persalinan tersebut. Dengan kata lain masih dicatat pada sebuah buku besar sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memberikan informasi tersebut. Selain hal tersebut, juga terdapat kendala-kendala seperti informasi yang telah disimpan kadang hilang sehingga terjadi pencatatan ulang.
Berdasarkan kendala atau permasalahan yang dihadapi oleh pihak Rumah Sakit Bhayangkara Dumai yang telah diuraikan di atas, maka penulis tertarik untuk membuat sistem yang dapat memecahkan atau membantu menyelesaikan masalah tersebut sehingga dapat mempercepat atau mempermudah dalam memberikan informasi yang dibutuhkan. Untuk itu, penulis merancang sistem yang berjudul “SISTEM INFORMASI PERRSALINAN PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA DUMAI”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian permasalahan pada latar belakang masalah, maka penulis merumuskan permasalahan yang akan dibahas adalah:
a. Bagaimana mengetahui kondisi ibu dan bayi sebelum dan sesudah persalinan?
b. Bagaimana mempercepat pemberian informasi yang dibutuhkan?
c. Bagaimana mengetahui biaya persalinan?

1.3 Batasan Masalah
Sehubungan dengan keterbatasan waktu, kemampuan penulis, luasnya cakupan permasalahan, bahkan untuk menghindari kesimpangsiuran dalam penyusunan Tugas Akhir ini serta menyesuaikan judul dan latar belakang yang dijelaskan di atas, maka penulis perlu membatasi masalah yang mencakup:
1. Sistem dibangun untuk rumah sakit bhayangkara Dumai.
2. Sistem dibangun untuk persalinan pada rumah sakit bhayangkara Dumai.

1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis dalam penyusunan tugas akhir ini adalah:
a. Untuk memberikan informasi persalinan.
b. Untuk mengetahui kelemahan yang ada dari sistem yang sedang berjalan khsususnya pada sistem
persalinan.
c. Untuk mengetahui sistem yang berjalan pada Rumah Sakit Bhayangkara Dumai.

1.5 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan Tugas Akhir ini terdiri dari 5 (lima) bab, yang masing-masing dirinci dalam beberapa bab, yaitu:

BAB 1 PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan secara singkat latar belakang masalah yang membahas mengenai gambaran permasalahan, rumusan masalah yang membahas mengenai identifikasi permasalahan, batasan masalah yang membahas mengenai ruang lingkup permasalahan, tujuan dan manfaat studi yang penulis lakukan dan peroleh dari penyusunan Tugas Akhir ini, dan sistematika penulisan yang berisi tahapan yang ada dalam penulisan Tugas Akhir ini.

BAB 2 LANDASAN TEORI DAN KONSEPTUAL
Pada bab ini membahas mengenai landasan teori dan konseptual dengan menggunakan beberapa teori dan pengertian yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan topik dan fokus kajian.

BAB 3 METODE PENELITIAN
Pada bab ini, dijelaskan mengenai data-data yang dikumpulkan dalam penelitian dan cara pengolahan serta analisa data-data tersebut.

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis membahas tentang Diagram Alir Data, Database dan Relasi, Desain Antar Muka (Menu Utama, Menu Input, dan Menu Output), Flowchart, Listing Program, Hasil Tampilan Program, Spesifikasi Program dan Prosedur Penggunaan Program.

BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis menguraikan tentang kesimpulan dan saran dalam penulisan Tugas Akhir ini guna pengembangan sistem untuk menjadi lebih baik.


Oleh: Rita Acnes

0 Komentar:

Posting Komentar